Kamis, 28 Juni 2012

Bab 4 : PETA PEREKONOMIAN INDONESIA



A.      Keadaan geografis Indonesia
Secara umum Indonesia merupakan Negara kepulauan yang berbentuk republik. Terletak dikawasan asia tenggara yang memiliki kurang lebih 17.000 buah pulau dengan luas daratan 1.922.570 km² dan luas perairan 3.257.483 km².
Indonesia juga mengalami 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan dan musim tu terjadi pada waktu yang tidak tentu maka dari itu Indonesia disebut Negara beriklim tropis karena hanya memiliki 2 musim setiap tahunnya.
Indonesia juga merupakan Negara yang kaya akan bahan tambangnya yakni minyak bumi yang pernah menjadikan Negara Indonesia memperoleh dana pembangunan yang sangat besar, sehingga pada saat itu target pertumbuhan ekonomi kita berani ditetapkan sebesar 7.5%(masa repelita II). Meskipun minyak bumi tidak menjadi primadona dan primodona komoditi ekspor Indonesia,namun Indonesia masih banyak memiliki hasil bahan tambang yang dapat menggantikan peran minyak bumi sebagai salah satu devisa Negara.  Selain minyak bumi bahan tambang yang memiliki kualitas terbaik adalah biji besi,timah,tembaga,batu bara,gas bumi,dll.

B.      MATA PENCAHARIAN
Kegiatan ekonomi agararis merupakan kegiatan ekonomi pendudukdalam memanfaatkan factor-faktor alam,khususnya dalam bidang pertanian termasuk didalamnya adalah peternakan,perikanan,perkebunan,dan kehutanan. Kegiatan ekonomi agraris ini sangat berpusat di daerah pedesaan karena masih banyak tersedia lahan yang cukup luas. Pertanian banyak terjadi di pedesaan pulau Jawa,Sumatera,Kalimantan,Bali dan Sulawesi.
Di Indonesia sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Karena makanan pokok orang Indonesia sebagian besar adalah nasi.

C.      SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya manusia yang mempunyai potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan suatu perananya sebagai makhluk social yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta memiliki potensi yang terkandung dia alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Sumber daya manusia juga sebagai integral dari sitem yang membentuk suatu system organisasi.
Dalam pendidikan SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.



D.      INVESTASI
Investasi merupakan pembelian atau produksi dari modal barang-barang yang tidak di konsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang. Sebagai contoh pembangunan sebuah bangunan pabrik,rel kerata api, dll.
Investasi juga dapat diartikan suatu fungsi pendapatan dan tingkatan bunga yang dapat dilihat dengan kaitannnya suatu pertambahanpada pendapatan yang dapat mendorong investasi lebih besar, dimana tingkat bunga yang lebih tinggi dapat dapat menurunkan minat untuk investasi sebagaimana hal tersebut akan lebih mahal dibandingkan dengan meminjam uang. Walaupun suatu perusahaan menggunakan dananya sendiri untuk investasi , tingkat suatu bunga menunjukkan suatu biaya kesempatan dari investasi dana tersebut daripda meminjamkan untuk mendapatkan bunga.

 sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan.

Terimakasih telah berkunjung di Rose Elfanny Blog.