Selasa, 29 November 2011

Cara Memulai Bisnis Internet dari Nol



Dewasa ini, banyak sekali bisnis maupun usaha kecil yang bergerak dibidang internet dan IT, semua pembelian dan penjualan dilakukan secara online melalui website pribadi ataupun blogger. Dengan kemudahan seperti ini konsumen tidak perlu mendatangi toko atau tatap muka secara langsung lagi, mereka dapat melihat barang yang mereka inginkan melalaui website toko tertentu dan memesan nya. Disini kita akan melihat apa sih bisni online itu? bagaimankah memulai nya? Berikut penjelasan singkatnya.

BISNIS RESELLER

Pengertian

Bisnis reseller adalah bisnis internet dengan produk berupa barang maupun jasa, dimana para konsumen bisa turut serta menjualkan produk pengelola website dengan mendapatkan komisi. Konsumen atau member yang turut menjualkan produk tersebut disebut sebagai reseller. Reseller akan mendapatkan komisi jika ada pembeli melalui referensinya. Besar komisi ditentukan oleh pihak pengelola.

Produk

Produk yang bisa dijual dalam bisnis reseller bisa berupa produk barang maupun jasa. Contoh produk barang yang bisa dijual dalam bisnis reseller antara lain : ebook, buku, CD, Script, Produk kecantikan, HP, dan produk barang lainnya. Contoh produk jasa yang bisa dijual di bisnis reseller antara lain ; jasa desain, jasa pemasaran, pendidikan, training, dan lain-lain.

Potensi Pendapatan

Potensi pendapatan dari bisnis reseller tergantung jenis produk yang Anda jual. Sebagai gambaran, jika produk Anda berupa ebook, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan antara Rp 1 juta hingga Rp 15 juta per bulan. Jumlah pendapatan ini bukan jumlah yang fiktif, namun telah terbukti. Sebagai contoh, saya sendiri di bulan ketiga menekuni bisnis ebook mendapatkan lebih dari Rp 5 juta (pada bulan tersebut). Jumlah ini terus bertambah sesuai dengan kreativitas saya dalam mengembangkan bisnis.
Jika bisnis ebook saja bisa menghasilkan pendapatan yang cukup menjanjikan di bulan-bulan awal, bagaimana jika produk Anda selain ebook dan memiliki daya tarik yang baik ? Tenntu hasilnya lebih bagus lagi.


Cara memulai bisnis reseller

Bagaimana cara memulai bisnis reseller. Ada beberapa langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis ini, yaitu :

1. Menentukan produk yang tepat dan disukai oleh pasar.
Pilihlah produk yang pasar bersedia untuk membeli produk tersebut. Produk Anda bisa berupa barang maupun jasa.

2. Buatlah website yang menjual.

Ciri website yang menjual antara lain :
- otomatis, artinya konsumen layaknya mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan, tanpa ia harus menghubungi Anda terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui 99 % dari para pemesan website reseller yang saya miliki, melakukan pembayaran tanpa terlebih dahulu bertanya atau menghubungi saya. Jadi setelah membaca halaman website dan order, mereka langsung transfer biaya. Hebat bukan ?
- Memiliki sales letter yang baik. Sales letter adalah halaman presentasi produk Anda. Biasanya menjadi halaman utama website. Jika sales letter Anda baik, maka mudah bagi Anda untuk menjual produk. Dan sebaliknya, jika sales letter Anda jelek, maka sebagus apapun produk yang Anda miliki, rasanya sulit untuk terjual.

3. mengotomatiskan website Anda.

Jadi seperti yang saya katakana, bahwa website yang menjual adalah website yang otomatis menjalankan fungsi-fungsi pelayanan kepada calon konsumen .

4. mempromosikan bisnis Anda secara efektif

Setelah Anda memiliki produk dan website, maka langkah selanjutnya yang juga penting adalah mempromosikan bisnis reseller Anda secara efektif. 


BISNIS DESAIN WEB

Pengertian
Bisnis desain web adalah termasuk bisnis jasa dengan produk berupa jasa mendesainkan website orang lain. Semakin sadar masyarakat akan internet, maka akan semakin banyak pula permintaan jasa desain website. Yang membutuhakn website saat ini tidak hanya perusahaan saja, namun semakin banyak perorangan yang menginginkannya. Inilah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi jumlah penduduk yang demikian besar di Indonesia, dengan pertumbuhan pemakai internet yang cukup pesat.

Produk 
Produk pada bisnis desain web adalah jasa mendesai website. Jasa mendesain website ini bisa Anda bagi lagi menjadi beberapa bentuk desain website sesuai dengan kebutuhan konsumen Anda. Anda bisa membagi jasa pelayanan desain website Anda menjadi :


1. website perusahaan
2. website perorarangan
3. website bisnis
4. website toko online
5. website reseller
6. website iklan baris dan lain sebagainya

Potensi pendapatan
Berapa potensi pendapatan dari jasa desain web ini ? Besarnya pendapatan jasa desain website tergantung dari pemesanan produk Anda dalam setiap bulannya. Misalnya dalam satu bulan Anda menerima 5 order dengan harga masing-masing order @ Rp 1 juta, maka pendapatan Anda peroleh pada bulan tersebut sekitar Rp 5 juta.
Perlu Anda ketahui, harga jasa desain web memang cukup mahal. Bahkan untuk desain web tertentu, seperti toko online, bisa berharga minimal @ Rp 3 juta.

Modal yang dibutuhkan 
Modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini juga tidak besar. Anda hanya membutuhkan biaya untuk membeli domain dan hosting untuk website Anda. Website tersebut untuk mempromosikan jasa yang Anda tawarkan. Jadi Anda hanya membutuhakan modal sekitar Rp 100 ribu.

Keahlian yang Anda persiapkan
Untuk memulai bisnis ini, Anda membutuhkan kemampuan untuk mendesain website sesuai dengan bentuk desain yang Anda tawarkan. Kemampuan mendesain website ini bisa Anda peroleh secara otodidak atau dengan mengikuti pendidikan khusus desain web. Jika Anda menginginkan belajar desain web secara otodidak, saat ini telah banyak buku-buku praktis yang membahas hal ini.

Cara Memulai Bisnis Desain Web

1. Mempersiapkan SDM
Langkah awal untuk membangun bisnis desain web adalah mempersiapkan SDM. Persiapan SDM ini misalnya siapa yang akan mendesain website, apakah Anda sendiri atau orang lain, siapa yang melakukan promosi, dan lain sebagainya.

2. Membuat website bisnis Anda
Membuat website untuk mempresentasikan produk Anda adalah sangat penting. Website Anda ibarat toko Anda. Calon konsumen perlu mengetahui lebih banyak tentang produk Anda, tentang perusahaan Anda, tentang harga, dan lain sebagainya. Saya sering melihat iklan jasa desain web di iklan baris internet. Namun sayang, ia hanya menyediakan nomor HP dan email dan tidak menyediakan website yang bisa saya pelajari tawarannya.


TOKO ONLINE

Pengertian
Toko online adalah toko sebagaimana layaknya toko di bisnis konvensional yang menyediakan beraneka ragam kebutuhan, namun dioperasikan secara online di internet. Jadi dengan toko online, calon pembeli tidak langsung bertatap muka dengan Anda atau penjaga toko, melainkan berinteraksi dengan website Anda.

Produk
Produk yang bisa Anda jual di toko online Anda bisa berupa produk jasa maupun produk barang. Pilihlah produk yang bisa memberikan keuntungan dan memudahkan Anda untuk mengirimkan produk tersebut ke konsumen. Contoh produk yang bisa Anda jual di toko online Anda antara lain :
- buku
-ebook
-Script website
-Software
-Produk kesehatan
-Peralatan rumah tangga
-Perabotan elektronik
-Komputer
-HP
-Dan lain-lain

Cara Memulai Toko Online Anda
Untuk memulai toko online Anda, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, antara lain :
1. Membuat website
2. Membuat sistim. Sistim disini antara lain : sistim pemesanan, pembayaran, tata cara pemasangan iklan, tata cara bagi mitra yang ingin menitipkan produk, pengiriman barang atau jasa, dan sebagainya.
3. Mempromosikan bisnis Anda.


BISNIS IKLAN INTERNET

Pengertian
Sebagaimana namanya, bisnis iklan adalah bisnis internet dengan produk berupa jasa iklan. Anda membuat website dimana Anda menyediakan fasilitas iklan kepada siapa saja yang menginginkan. Anda mendapatkan pemasukan dari pembayaran customer yang memasang iklan di website Anda.

Produk
Produk bisnis iklan ini adalah jasa iklan pada website Anda. Adapun bentuk- bentuk iklan bisa berupa iklan baris (iklan mini), iklan banner, ataupun press release.

Keahlian yang Anda perlukan
Keahlian yang Anda butuhkan untuk membangun bisnis ini antara lain :
- dasar-dasar desain web, khususnya website iklan. Ini penting jika Anda sendiri yang mengelola website Anda. Hal ini juga bertujuan agar Anda bisa menghindar dari gangguan-gangguan teknis.
- promosi internet. Karena semakin banyak pengunjung website Anda, maka calon pengiklan juga akan tertarik untuk beriklan di website Anda tersebut.


Cara Membangun Kredibilitas Dalam Bisnis Online

Kredibilitas yang saya maksud disini adalah tingkat kepercayaan konsumen kepada Anda dan bisnis Anda.

Urgensi kredibilitas
Mengapa kredibilitas menjadi sangat penting dalam bisnis online ? setidaknya ada beberapa alas an untuk hal ini :

1. Calon konsumen Anda belum mengenal Anda
Calon konsumen Anda dari berbagai daerah yang tentu saja belum mengenal Anda (kecuali Anda publikc figure). Kerena mereka belum mengenal Anda, maka tingkat kepercayaan kepada Anda sangat rendah. Padahal dalam bisnis, kepercayaan adalah kunci terjadinya transaksi bisnis. Dan tidak ada transaksi bisnis, tanpa dilandasi saling percaya.Karena itu, harus ada upaya-upaya tertentu dari Anda untuk meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen tersebut.

2. Calon konsumen Anda tidak bisa bertatap langsung dengan Anda 
Kondisi ini akan semakin mempersempit kemungkinan mereka mempercayai kita, jika kita tidak berusaha melakukan upaya-upaya membangun kredibilitas.

3. Maraknya aksi penipuan akhir-akhir ini 
Semakin banyak dan beragam bentuk-bentuk penipuan, termasuk di internet, cukup mempengaruhi calon konsumen. Mereka akan lebih berhati-hati dalam menyikapi setiap penawaran. Nah. jika Anda tidak membangun kredibilitas dengan sungguh-sungguh, maka Anda tidak akan bisa menjual produk Anda. Walaupun sebenarnya produk yang Anda miliki memiliki kualitas yang unggul.

4. Persaingan Bisnis Yang Semakin Meningkat
Bisnis internet adalah bisnis yang mudah untuk ditiru oleh orang lain. Sehingga kemunculan pesaing-pesaing Anda adalah sesuatu yang wajar dan harus disikapi dengan .cerdas.. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan bisnis internet adalah dengan meningkatkan kredibilitas Anda. Sebab dengan redibilitas yang Anda miliki, konsumen Anda tidak saja loyal terhadap Anda, namun mereka juga akan dengan suka rela menjadi agen promosi Anda. Ya konsumen Anda akan menjadi salah satu senjata promosi Anda. Mereka dengan senang hati akan menceritakan bisnis Anda kepada orang lain. Itulah beberapa alasan pokok mengapa sangat penting membangun kredibilitas dalam bisnis internet.

5. Cara Membangun Kredibilitas
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun kredibilitas Anda, antara lain :

a. Perjelas Identitas Anda
Kepercayaan bisa tumbuh manakala calon konsumen Anda mengetahui siapa Anda. Karena itu informasikan selengkap-lengkapnya tentang diri Anda kepada mereka. Jika Anda memiliki website, maka menyediakan menu .about us. atau profil sangatlah penting.

b. Bersikaplah Jujur
Kejujuran adalah modal utama Anda dalam bisnis. Jika Anda sekali saja tidak jujur dan hal tersebut diketahui oleh konsumen atau mitra Anda, maka hancurlah kepercayaan mereka kepada Anda.

c. Permudah Konsumen Menghubungi Anda 
Kemudahan Anda untuk dihubungi juga mempengaruhi konsumen untuk berbisnis dengan Anda. Siapaun tidak akan rela melepaskan uangnya kepada orang yang sulit dihubungi. Karena itu cantumkan nomor telepon dan alamat email Anda. Dan jika Anda memiliki website sendiri, maka sediakan menu contact us..

d. Garansi 
Setiap orang berusaha menghindari resiko atau mengurangi resiko. Demikian juga calon konsumen Anda. Mereka juga berusaha untuk menghindari atau mengurangi resiko. Dengan memberikan garansi kepada mereka, berarti Anda telah menghilangkan atau mengurangi resiko.

e. Kecepatan Pelayanan
Kecepatan pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen Anda, selain memuaskan mereka juga membuat mereka lebih percaya kepada Anda. Kecepatan pelayan meliputi semua pelayanan yang Anda berikan kepada mereka. Misalnya saat mereka menanyakan sesuatu kepada Anda melalui email, maka Anda harus membalas email tersebut secepatnya. Demikian juga pelayanan-pelayanan yang lainnya.

f. Ceritakan Prestasi Anda dan Bisnis Anda 
Apapun prestasi Anda dan bisnis Anda, maka ceritakanlah hal tersebut kepada calon konsumen Anda. Salah satu yang biasa saya lakukan untuk hal ini adalah, dengan mencantumkan tulisan .best seller. pada website reseller saya. Karena memang sebagai besar ebook yang saya tawarkan di internet banyak diminati oleh pasar.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan.

Terimakasih telah berkunjung di Rose Elfanny Blog.